Bahan-bahan Alami Atasi Gatal Karena Alergi

Gatal-gatal bukan penyakit yang bisa di anggap sepele. Bagaimana tidak? kalau sedang kumat, tak hanya mengganggu secara fisik, tapi juga merusak konsentrasi.
Banyak penyebab yang ditimbulkan, diantaranya yaitu: kudis, eksem, alergi, kelainan kulit, gigitan serangga, dll. Infeksi oleh jamur diorgan kelamin wanita juga bisa menyebabkan rasa gatal yang serius, selain penyakit kelamin lain.
Pada beberapa kasus, gatal merupakan tanda dari penyakit-penyakit yang lebih serius, seperti adanya penyakit diabetes atau gagal ginjal. Yang menjadi salah satu penyebab lain dari timbulnya gatal pada kulit yaitu kekurangan vitamin B, vitamin A, zat besi, selenium, silikon, zinc, asam lemak esensial dan vitamin E.
Jadi bisa dikatakan gatal bukan penyakit, namun gejala yang ditimbulkan oleh permasalahan lain. Keadaan ini juga bisa menimpa area tertentu dari tubuh maupun seluruh tubuh. Jika sudah begini, garukan akan menyebabkan timbulnya kemerah-merahan, bengkak bahkan pendarahan dan infeksi kulit / iritasi kulit.
Untuk itu, segeralah lakukan pengobatan misalnya dengan herbal obat alergi atau obat gatal alergi pada kulit. Selain itu, ada juga beberapa bahan tanaman yang bisa membantu mengatasi gangguan gatal, seperti:

daun ketepeng cina
  • Sambiloto: Atasi gatal karena alergi
Alergi seringkali disebabkan menurunnya daya tahan tubuh, yang terjadi akibat kelelahan, stres berlebihan, atau kurangnya gizi makanan. Cara mengatasinya, tentu saja dengan meningkatkan kembali daya tahan tubuh. Dan, sambiloto adalah bahan tumbuhan yang terbukti berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh.
Ambil daun sambiloto segar secukupnya, cuci bersih dan rebus dengan sejumlah air sampai air tinggal separuhnya, lalu saring. Sebelum diminum, tambahkan air jeruk nipis dan madu untuk mengatasi rasa pahit. Rebusan ini dapat diminum dua kali seminggu.
Atau, ambil daun sambiloto segar secukupnya, campur dengan kunyit segar dan belerang secukupnya, haluskan. Tambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun sedikit demi sedikit, sampai campuran itu dapat dioleskan pada bagian kulit yang gatal. Pengolesan dapat dilakukan berkali-kali dalam sehari sampai gatal hilang.
Keuntungan lain sambiloto, mampu membersihkan darah dan memperbaiki fungsi liver (obat untuk penyakit liver tradisional), sehingga gatal-gatal dapat diatasi secara tuntas.
  • Daun Ketepeng Cina: Atasi Kudis, Kurap, Jamur Kulit, dan Eksem
Daun ketepeng Cina biasa digunakan untuk mengobati gatal karena kudis, kurap, jamur kulit, dan eksem. Namun masalahnya, tidak banyak orang menanam ketepeng. Tapi, kita masih bisa memesannya melalui penjual bahan jamu di pasar tradisional.
Caranya mudah saja, cukup dengan menggunakan air rebusannya untuk mencuci eksem atau luka jenis lain yang menimbulkan rasa gatal. Resep lainnya, ambil daun ketepeng secukupnya, cuci bersih, tambahkan sedikit tawas atau kapur sirih, lumatkan hingga menyerupai bubur. Lalu, gosokkan secara merata pada bagian kulit yang terkena panu dan kurap.
  • Daun Sirih: Anti-Kuman dan Jamur
Daun sirih sangat populer sebagai antikuman. Juga, seringkali digunakan untuk mengatasi gatal yang timbul karena infeksi jamur pada organ kelamin wanita. Syaratnya mudah, gunakan sesering mungkin tanpa menunggu sampai infeksi itu menjadi fatal dan memicu terjadinya keputihan.
Cara penyiapannya, pilih daun yang masih muda, karena mengandung lebih banyak minyak ketimbang yang tua. Rebus dengan air hingga mendidih. Air rebusan yang masih hangat, langsung digunakan untuk mencuci bagian yang terkena gatal, paling sedikit dua kali sehari. Kalau suka, air rebusan bisa pula diminum.
Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengatasi gatal-gatal setelah melahirkan, misalnya di daerah organ kelamin. Caranya, rajang halus campuran daun dan beberapa potong tawas. Lalu, rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah hangat, gunakan untuk berendam selama 10 sampai 15 menit.
  • Kunyit: Atasi Gatal karena Alergi
Selain sambiloto, kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi keadaan gatal yang timbul akibat reaksi alergi. Sebab, kandungan minyak atsiri, kurkumin, resin, dan mineralnya sangat baik untuk mengatasi gatal.
Minum setengah sendok teh serbuk kering kunyit dua kali sehari, dengan bantuan air. Atau, dapat juga mencampur satu sendok teh serbuk kunyit dengan satu cangkir susu cair hangat, dan diminum sekali sehari menjelang tidur malam.

Itulah bahan-bahan alami atasi gatal karena alergi. Terimakasih atas kunjungannya di obat gejala alergi.





| Bahan-bahan Alami Atasi Gatal Karena Alergi






Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar